NAMA : HALEN RASDINA
KELAS: 4ID05
NPM : 33416151
Tulisan 1
Waralaba & pemasaran langsung
Pengertian waralaba
Waralaba atau lebih populernya disebut dengan Franchise
(Bahasa Perancis) dan Franchaising (Bahasa Inggris) merupakan sebuah hak untuk
menjual suatu produk atau jasa ataupun layanan. Pengertian lainnya adalah
suatu hubungan kerja yang mempunyai kontrak atau perjanjian antara pemilik
waralaba (franchisor) dan penerima (franchise).
Resiko investasi dalam usaha waralaba
1.
Melakukan evaluasi diri Wirausahawan hendaknya melakukan evaluasi
sendiri untuk meyakinkan bahwa memasuki ventura franchising adalah tepat bagi
dirinya. Jawaban dari pertanyaan – pertanyaan berikut akan membantu menentukan
apakah keputusan yang diambil tepat.
– Apakah anda orang yang
suka memulai usaha sendiri?
– Apakah anda menikmati
kerja dengan orang lain?
– Apakah anda mempunyai
kemampuan untuk menyelesaikan kepemimpinan pada mereka yang akan bekerja kepada anda?
– Apakah anda mampu mengorganisasi
waktu dan orang – orang yang bekerja dalam bisnis?
– Apakah anda mempunyai
inisiatif untuk meneruskan usaha ketika usaha mengalami kenaikan atau
penurunan?
– Apakah anda mempunyai
kesehatan yang baik?
2.
Meneliti Franchise Tidak setiap usaha hak guna paten tepat untuk anda.
Wirausahawan harus mengevaluasi usaha hak guna paten untuk memutuskan mana yang
paling tepat. Sejumlah faktor yang harus dinilai sebelum membuat keputusan
akhir adalah :
A . Usaha hak guna paten
yang mapan dan belum mapan. Terdapat banyak keuntungan dan kerugian dalam
melakukan investasi pada usaha hak guna paten yang mapan atau belum mapan.
Investasi pada usaha hak guna paten yang belum mapan akan merupakan investasi
yang tidak mahal. Akan tetapi, hal ini diimbangi dengan resiko yang besar.
Penerima hak guna paten meungkin melakukan kesalahan yang berakibat kegagalan
usaha.
B. Stabilitas finansial
dari usaha hak guna paten. Pembelian hak guna paten oleh wirausahawan hendaknya
dilakukan sesudah dilakukan penilaian statibiltas finansial dari pemilik hak
guna paten. Terdapat banyak faktor yang akan membantu wirausahawan menentukan
stabilitas dan kemampuan mendatangkan laba dari organisasi usaha hak guna dalam
jangka panjang. Pertanyaan berikut bisa ditanyakan oleh penerima hak guna paten
atau ditentukan dari sumber alternatif.
– Berapa banyak hak guna paten
dalam organisasi?
– Bagaimana keberhasilan
tiap – tiap anggota hak guna paten?
– Apakah sebagian besar
keuntungan dari hak guna paten merupakan fungsi dari imbalan dari penjualan hak
guna paten atau dari royalti yang didasarkan pada keuntungan dari penerima hak
guna paten?
Persetujuan waralaba
a. Persetujuan berisi semua persyaratan spesifikasi dan kewajiban
pemakai waralaba. Persyaratan yang bisa dipakai seperti panjang kontrak,
finansial untuk menentukan harga, pembayaran royalti.
b. Masalah pemutusan perjanjian waralaba sering menyeret ke pengadilan
sehingga persyaratan perlu lebih ketat.
Pengertian Pemasaran
Langsung
Pemasaran langsung atau direct
marketing merupakan salah satu metode penjualan yang menggunakan media
pemasaran langsung tanpa adanya pihak yang menjadi perantara pemasaran dalam
kegiatan transaksi jual-beli dan tawar-menawar suatu produk atau jasa yang ditawarkan.
contoh pemasaran
langsung :
a. Personal Selling
Personal selling merupakan contoh pemasaran langsung dimana
proses dalam memasarkan produk dilakukan secara langsung dengan cara bertatap
muka dengan calon pembeli. Pada umumnya, manajemen pemasaran akan menjajaki
tempat yang akan dijadikan target terhadap produk Mereka.
b. Catalog Marketing
Catalog marketing merupakan jenis pemasaran yang dilakukan dengan
cara mengirimkan katalog ke beberapa pasar dan target berbeda yang berada di
tempat yang berlainan.
c. Telemarketing
Telemarketing merupakan salah satu kegiatan memasarkan produk
dengan cara memanfaatkan telepon atau media komunikasi suara lainnya dalam
mempromosikan produk Mereka. Setelah memperoleh persetujuan, langkah
selanjutnya yaitu melakukan pertemuan.
Jenis pemasaran
langsung ini memberikan peluang besar karena menggunakan media komunikasi
visual walaupun tidak bertatap muka. Sebelum melakukan strategi ini, Anda harus
melakukan riset pasar terlebih dahulu agar dapat mengimplementasikannya dengan
baik.
d. Online Marketing
Marketing termasuk pemasaran secara langsung karena
dilakukan dengan cara melakukan promosi menggunakan media sosial dengan
langsung menawarkan produk atau promo yang dibuat. Contohnya menggunakan
Facebook Ads atau AdWords yang tentunya akan memberikan potensi pemasaran
produk yang sangat besar. Kelebihan pemasaran langsung online marketing yaitu
dapat memberikan pelayanan penuh dan juga jangkauan luas sampai kepelosok
dunia.
e. Kios Marketing
Kios marketing merupakan jenis pemasaran produk yang berbasis
online dan juga modern dengan cara melakukan sebuah mesin penerima pelanggan
dari toko Mereka. Saat ini, sudah ada beberapa perusahaan yang telah merancang
“mesin penerima pesanan pelanggan”.
Mesin tersebut
diletakkan dibeberapa toko yang memungkinkan pelanggan agar dapat menentukan
pemesanan pada mesin tersebut dan juga pelanggan dapat memilih produk, jenis,
warna, dan motif yang diinginkannya.
f.
Direct Mail
Marketing
Direct mail
marketing merupakan jenis promosi
produk usaha dengan cara memberikan beberapa pesan, penawaran, informasi produk
serta brosur yang menarik kepada seseorang atau pasar yang berada di luar
lingkup usaha Anda.
Manfaat Pemasaran
Langsung
Bagi konsumen produk
eceran:
- - Aktivitas berbelanja
konsumen cukup dilakukan di rumah sehingga lebih menghemat waktu, nyaman, dan
bebas dari pertengkaran
- -Memberikan pilihan barang
lebih banyak, karena dapat melakukan perbandingan dengan membuka-buka katalog
dan layanan belanja on line
- - Dapat memesan barang
untuk diri sendiri atau orang lain
Bagi konsumen produk industry:
- - Dapat mempelajari barang
dengan seksama barang dan jasa yang tersedia tanpa harus menghabiskan waktu
untuk bertemu dengan wiraniaga
Bagi penjual:
- -Dapat membeli daftar
alamat yang memuat nama dengan karakteristik yang spesifik
- -Dapat mengkhususkan dan
menyesuaikan pesan sesuai kebutuhan kelompok sasaran
- -Pemasaran langsung dapat
diatur agar dapat menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat
-
Teknik alternatif
pemasaran langsung
1) Periklanan terklarifikasi
Pendekatan
paling sederhana dan tidak mahal bagi wirausahawa adalah iklan terpilih pada
surat kabar dan majalah. Majalah atau surat kabar hendaknya diidentifikasi yang
akan mencapai pasar produk/jasa yang tepat. Iklan terklasifikasi bisa
mendatangkan hasil laba tinggi.
2) Periklanan display (display ads).
2) Periklanan display (display ads).
Tipe periklanan
ini memungkinkan wirausahawan membeli kolom pada majalah atau surat kabar. Ia
memberi peluang untuk menjelaskan secara gamblang dan gambaran produk/jasa. Di
samping itu kupon potongan harga bisa dimasukkan dalam iklan tersebut.
3) Kiriman pos langsung (direct mail).
3) Kiriman pos langsung (direct mail).
Teknik ini
memungkinkan wirausahawan untuk mengirim barang yang dijual secara langsung
kepada calon pelanggan. Teknik ini hendaknya digunakan ketika terdapat produk jelas.
4) Katalog penjualan (catalog sales).
4) Katalog penjualan (catalog sales).
Pencetakan
katalog berkualitas merupakan investasi yang sangat mahal bagi wirausahawan.
Walaupun ini lebih mudah dibandingkan menjual di toko eceran, katalog harus
menarik dan merangsang minat pelanggan. Keuntungannya adalah bahwa katalog
memungkinkan penjualan berulang karena katalog mungkin disimpan untuk digunakan
di masa yang akan datang.
5) Pemasaran tanggapan langsung media (media direct response marketing).
5) Pemasaran tanggapan langsung media (media direct response marketing).
Radio,
televisi, dan telepon mungkin dipandang sebagai pendekatan alternatif untuk
pemasaran produk atau jasa. Radio dan televisi dipandang sebagai bentuk
periklanan media siaran. Dalam membeli waktu siar dan bukannya ruang,
sebagaimana iklan display, wirausahawan menghadapi masalah yang berbeda. Dalam
membeli waktu, tidak ada jadwal yang tersedia, yang mempersulit perencanaan.
Biaya-biaya akan berbeda, tergantung pada waktu, stasiun, panjang iklan, serta
ukuran pendengar dan pemirsa yang mungkin dicapai.
Multi-level marketing
Multi Level Marketing (MLM) adalah salah satu
sistem pemasaran dengan memanfaatkan pelanggan sebagai jaringan distribusi.
Istilah lain Multi Level Marketing adalah Network Marketing, Multi Generation
Marketing dan Uni Level Marketing. Berdasarkan akar katanya, Multi artinya
banyak, level artinya berjenjang dan Marketing artinya pemasaran, sehingga
Multi Level Marketing adalah pemasaran yang banyak dan berjenjang.
Pengertian lainnya MLM merupakan konsep pemasaran
dengan cara memberikan kesempatan kepada konsumen atau pelanggan untuk terlibat
sebagai penjual serta mendapat keuntungan pada garis kemitraannya. Anggota yang
tergabung dalam MLM disebut distributor atau mitra niaga. Mitra niaga selanjutnya
ikut mengajak orang lain untuk menjadi anggota sehingga jaringan pelanggan atau
pasar semakin besar atau luas. Keberhasilan mitra niaga mengajak dan menambah
anggota akan meningkatkan omzet perusahaan sehingga memberikan keuntungan.
Berdasarkan hal tersebut, perusahaan memberikan keuntungannya kepada mitra
niaga dalam bentuk insentif berupa bonus.
Daftar Pustaka:
No comments:
Post a Comment