Sunday, May 3, 2020

Waralaba & Pemasaran Langsung


NAMA : HALEN RASDINA
KELAS: 4ID05
NPM    : 33416151
Tulisan 1
Waralaba & pemasaran langsung
Pengertian waralaba

How to Setup a Franchise Business | Cleverism


Waralaba atau lebih populernya disebut dengan Franchise (Bahasa Perancis) dan Franchaising (Bahasa Inggris) merupakan sebuah hak untuk menjual suatu produk atau jasa ataupun layanan. Pengertian lainnya adalah suatu hubungan kerja yang mempunyai kontrak atau perjanjian antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerima (franchise).
Resiko investasi dalam usaha waralaba
5 Risiko yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Investasi Waralaba 
1.      Melakukan evaluasi diri Wirausahawan hendaknya melakukan evaluasi sendiri untuk meyakinkan bahwa memasuki ventura franchising adalah tepat bagi dirinya. Jawaban dari pertanyaan – pertanyaan berikut akan membantu menentukan apakah keputusan yang diambil tepat.
– Apakah anda orang yang suka memulai usaha sendiri?
– Apakah anda menikmati kerja dengan orang lain?
– Apakah anda mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan kepemimpinan pada mereka yang    akan bekerja kepada anda?
– Apakah anda mampu mengorganisasi waktu dan orang – orang yang bekerja dalam bisnis?
– Apakah anda mempunyai inisiatif untuk meneruskan usaha ketika usaha mengalami kenaikan atau penurunan?
– Apakah anda mempunyai kesehatan yang baik?
2.        Meneliti Franchise Tidak setiap usaha hak guna paten tepat untuk anda. Wirausahawan harus mengevaluasi usaha hak guna paten untuk memutuskan mana yang paling tepat. Sejumlah faktor yang harus dinilai sebelum membuat keputusan akhir adalah :
A . Usaha hak guna paten yang mapan dan belum mapan. Terdapat banyak keuntungan dan kerugian dalam melakukan investasi pada usaha hak guna paten yang mapan atau belum mapan. Investasi pada usaha hak guna paten yang belum mapan akan merupakan investasi yang tidak mahal. Akan tetapi, hal ini diimbangi dengan resiko yang besar. Penerima hak guna paten meungkin melakukan kesalahan yang berakibat kegagalan usaha.
B. Stabilitas finansial dari usaha hak guna paten. Pembelian hak guna paten oleh wirausahawan hendaknya dilakukan sesudah dilakukan penilaian statibiltas finansial dari pemilik hak guna paten. Terdapat banyak faktor yang akan membantu wirausahawan menentukan stabilitas dan kemampuan mendatangkan laba dari organisasi usaha hak guna dalam jangka panjang. Pertanyaan berikut bisa ditanyakan oleh penerima hak guna paten atau ditentukan dari sumber alternatif.
– Berapa banyak hak guna paten dalam organisasi?
– Bagaimana keberhasilan tiap – tiap anggota hak guna paten?
– Apakah sebagian besar keuntungan dari hak guna paten merupakan fungsi dari imbalan dari penjualan hak guna paten atau dari royalti yang didasarkan pada keuntungan dari penerima hak guna paten?
Persetujuan waralaba
Bisnis Waralaba: Mengenal Sistem Bisnis Waralaba | Arofah.com
a. Persetujuan berisi semua persyaratan spesifikasi dan kewajiban pemakai waralaba. Persyaratan yang bisa dipakai seperti panjang kontrak, finansial untuk menentukan harga, pembayaran royalti.
b. Masalah pemutusan perjanjian waralaba sering menyeret ke pengadilan sehingga persyaratan perlu lebih ketat.

Pengertian Pemasaran Langsung
Pemasaran Langsung (Direct Marketing) - YouTube
Pemasaran langsung atau direct marketing merupakan salah satu metode penjualan yang menggunakan media pemasaran langsung tanpa adanya pihak yang menjadi perantara pemasaran dalam kegiatan transaksi jual-beli dan tawar-menawar suatu produk atau jasa yang ditawarkan.
contoh pemasaran langsung :
a.      Personal Selling
Personal selling merupakan contoh pemasaran langsung dimana proses dalam memasarkan produk dilakukan secara langsung dengan cara bertatap muka dengan calon pembeli. Pada umumnya, manajemen pemasaran akan menjajaki tempat yang akan dijadikan target terhadap produk Mereka.
b.      Catalog Marketing
Catalog marketing merupakan jenis pemasaran yang dilakukan dengan cara mengirimkan katalog ke beberapa pasar dan target berbeda yang berada di tempat yang berlainan.
c.       Telemarketing
Telemarketing merupakan salah satu kegiatan memasarkan produk dengan cara memanfaatkan telepon atau media komunikasi suara lainnya dalam mempromosikan produk Mereka. Setelah memperoleh persetujuan, langkah selanjutnya yaitu melakukan pertemuan.
Jenis pemasaran langsung ini memberikan peluang besar karena menggunakan media komunikasi visual walaupun tidak bertatap muka. Sebelum melakukan strategi ini, Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu agar dapat mengimplementasikannya dengan baik. 
d.      Online Marketing
Marketing termasuk pemasaran secara langsung karena dilakukan dengan cara melakukan promosi menggunakan media sosial dengan langsung menawarkan produk atau promo yang dibuat. Contohnya menggunakan Facebook Ads atau AdWords yang tentunya akan memberikan potensi pemasaran produk yang sangat besar. Kelebihan pemasaran langsung online marketing yaitu dapat memberikan pelayanan penuh dan juga jangkauan luas sampai kepelosok dunia.
e.       Kios Marketing
Kios marketing merupakan jenis pemasaran produk yang berbasis online dan juga modern dengan cara melakukan sebuah mesin penerima pelanggan dari toko Mereka. Saat ini, sudah ada beberapa perusahaan yang telah merancang “mesin penerima pesanan pelanggan”.
Mesin tersebut diletakkan dibeberapa toko yang memungkinkan pelanggan agar dapat menentukan pemesanan pada mesin tersebut dan juga pelanggan dapat memilih produk, jenis, warna, dan motif yang diinginkannya.
f.        Direct Mail Marketing
Direct mail marketing merupakan jenis promosi produk usaha dengan cara memberikan beberapa pesan, penawaran, informasi produk serta brosur yang menarik kepada seseorang atau pasar yang berada di luar lingkup usaha Anda.
Manfaat Pemasaran Langsung
Bagi konsumen produk eceran:
-        Aktivitas berbelanja konsumen cukup dilakukan di rumah sehingga lebih menghemat waktu,                nyaman, dan bebas dari pertengkaran
-       -Memberikan pilihan barang lebih banyak, karena dapat melakukan perbandingan dengan membuka-buka katalog dan layanan belanja on line
-        Dapat memesan barang untuk diri sendiri atau orang lain
Bagi konsumen produk industry:
-        - Dapat mempelajari barang dengan seksama barang dan jasa yang tersedia tanpa harus                          menghabiskan waktu untuk bertemu dengan wiraniaga
Bagi penjual:
-          -Dapat membeli daftar alamat yang memuat nama dengan karakteristik yang spesifik
-          -Dapat mengkhususkan dan menyesuaikan pesan sesuai kebutuhan kelompok sasaran
-          -Pemasaran langsung dapat diatur agar dapat menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat
-    
Teknik alternatif pemasaran langsung
Pengertian Pemasaran Langsung: Tujuan, Manfaat, dan Bentuknya

      1)     Periklanan terklarifikasi
Pendekatan paling sederhana dan tidak mahal bagi wirausahawa adalah iklan terpilih pada surat kabar dan majalah. Majalah atau surat kabar hendaknya diidentifikasi yang akan mencapai pasar produk/jasa yang tepat. Iklan terklasifikasi bisa mendatangkan hasil laba tinggi.
2) Periklanan display (display ads).
Tipe periklanan ini memungkinkan wirausahawan membeli kolom pada majalah atau surat kabar. Ia memberi peluang untuk menjelaskan secara gamblang dan gambaran produk/jasa. Di samping itu kupon potongan harga bisa dimasukkan dalam iklan tersebut.
3) Kiriman pos langsung (direct mail).
Teknik ini memungkinkan wirausahawan untuk mengirim barang yang dijual secara langsung kepada calon pelanggan. Teknik ini hendaknya digunakan ketika terdapat produk jelas.
4) Katalog penjualan (catalog sales).
Pencetakan katalog berkualitas merupakan investasi yang sangat mahal bagi wirausahawan. Walaupun ini lebih mudah dibandingkan menjual di toko eceran, katalog harus menarik dan merangsang minat pelanggan. Keuntungannya adalah bahwa katalog memungkinkan penjualan berulang karena katalog mungkin disimpan untuk digunakan di masa yang akan datang.
5) Pemasaran tanggapan langsung media (media direct response marketing).
Radio, televisi, dan telepon mungkin dipandang sebagai pendekatan alternatif untuk pemasaran produk atau jasa. Radio dan televisi dipandang sebagai bentuk periklanan media siaran. Dalam membeli waktu siar dan bukannya ruang, sebagaimana iklan display, wirausahawan menghadapi masalah yang berbeda. Dalam membeli waktu, tidak ada jadwal yang tersedia, yang mempersulit perencanaan. Biaya-biaya akan berbeda, tergantung pada waktu, stasiun, panjang iklan, serta ukuran pendengar dan pemirsa yang mungkin dicapai.

Multi-level marketing
Pengertian, Jenis dan Sistem Multi Level Marketing (MLM ...
Multi Level Marketing (MLM) adalah salah satu sistem pemasaran dengan memanfaatkan pelanggan sebagai jaringan distribusi. Istilah lain Multi Level Marketing adalah Network Marketing, Multi Generation Marketing dan Uni Level Marketing. Berdasarkan akar katanya, Multi artinya banyak, level artinya berjenjang dan Marketing artinya pemasaran, sehingga Multi Level Marketing adalah pemasaran yang banyak dan berjenjang.

Pengertian lainnya MLM merupakan konsep pemasaran dengan cara memberikan kesempatan kepada konsumen atau pelanggan untuk terlibat sebagai penjual serta mendapat keuntungan pada garis kemitraannya. Anggota yang tergabung dalam MLM disebut distributor atau mitra niaga. Mitra niaga selanjutnya ikut mengajak orang lain untuk menjadi anggota sehingga jaringan pelanggan atau pasar semakin besar atau luas. Keberhasilan mitra niaga mengajak dan menambah anggota akan meningkatkan omzet perusahaan sehingga memberikan keuntungan. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan memberikan keuntungannya kepada mitra niaga dalam bentuk insentif berupa bonus.


 Daftar Pustaka:

No comments:

Post a Comment